unOfficial KPLI Pasuruan

Klo ada yg Gratisan– Ngapain mesti bayarrr…

Damn Small Linux DSL Linux Mini yang Kerennn

Posted by admin on February 27, 2008

3 hari yg lalu aku dimintai betulin kompie milik teman di bangil.
dan speknya kyk gini:
– pentium 1 (166 mhz)
– ram 32 mb
– VGA 1 mb
– FDD 3,5 inc
– ethernet/lan card type PCI D-Link
– keyboad, mouse, monitor
nah, udah jadul bgt kan ini kompie :D

meski demikian, kompie tersebut begitu berarti buat dia dan adiknya.
biasanya kompie tersebut cuman dipake buat Ngetik makalah atau tugas kuliah.
selain itu juga buat Browsing sama Chating karena hobby-nya berinternet ria.

dia lapor ke aku kalo kompie-nya itu sering hang/macet, kinerjanya juga lambat
katanya sih kena virus. truss aku coba memastikannya dan ternyata beneran kena virus
aku putusin aja untuk ngistall ulang windows-nya, Harddisknya diformat semua.
Lalu mulailah nginstall windows(bajakan tentunya..he3x), nginstall office(bajakan lagi), Firefox(ini baru Free…). Semua sukses di-crack :-) (tentunyalah…).
Masalah kemudian muncul ketika pengen ngeNet. Usut punya usut, ternyata driver ethernetcardnya ga dikenali. aku kebingungan cari drivernya, cari dmana neh? (karena CD Drivernya dah ilang)…
Trus aku coba install DSL (Damn Small Linux) yang ada di tasku. Instalasinya cepet, Proses booting cepat, n tampillah desktop DSL. Puas coba² aplikasi, aku coba internet pake firefoxnya DSL, setting IP,gateway,dns….ketik http://www.google.com….akhirnya tampillah website google yang “eye catching”

DSL mematahkah pendapat bayak orang yang mengatakan bahwa driver yang disupport linux terbatas. Wind**s ga otomatis ngedeteksi Netcard, sedang DSL yang cuma 50MB….MANTAB BGT…

cara installnya ada disini:
http://damnsmalllinux.org/wiki/index.php/Installing_to_the_Hard_Disk

dan disini:
http://www.damnsmalllinux.org/dsl-hd-install.html

6 Responses to “Damn Small Linux DSL Linux Mini yang Kerennn”

  1. LINUX are amazing murah tapi tidak murahan,salut buat teman2 linuxer Kota Pasuruan

  2. k03rnia said

    Wah, ada ternyata gak salah saya pilih DSL. Saya juga lagi menghadapi masalah yang sama dengan kompie jadul, cuman ini sedikit lebih kompleks dari sekedar driver. Pentium-S 166, RAM nya cuma 24MB. Hehehe…tapi kompie ini juga begitu berarti buat temen saya.

  3. hardi said

    mas… or sapa ajalah… yang jadi admin blog ini….

    boleh dikirimi damn small linuxnya ga? buat latihan neh…
    aku baru aja kenalan ma linux… kalo boleh… tolong kirimin ke alamat di bawah ini ya…
    biaya kirim ditanggung sendiridah…

    alamatku :
    jl. kejawar no 72 banyumas
    banyumas jawa tengah 53192
    a/n hardi witryakto

    thank’s atas bantuanya…

  4. Syarif Winata, ST said

    DSL ukuran nya kecil kok mas Hardi… download aja saya butuh 2 jam downloadnya….

  5. maaf ni gan.. mo tanya damn small linux buat web server bisa gak ya?

  6. Ananda said

    Kecil tetapi menakjubkan… :)
    Oh, iya. DSL ini bisa detect modem usb atau tidak?
    Trims atas ketersediaannya menjawab… :)

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

