unOfficial KPLI Pasuruan

Klo ada yg Gratisan– Ngapain mesti bayarrr…

Install hp NOKIA CDMA 3125 sebagai modem di UBUNTU 7.10

Posted by admin on February 26, 2008

Berikut pengalaman yang saya lakukan untuk instalasi penggunaan Hand Phone NOKIA CDMA 3125 sebagai modem.

Peralatan yang saya gunakan :

1. PC Pentium III RAM 384 MB ( Maap jika menurut anda sudah kuno )
2. Kabel DKU-5
3.
Hand Phone ku CDMA NOKIA 3125

Kegiatan yang saya lakukan

1. Install GNOME PPP

GNOME PPP adalah tool modem internet koneksi untuk GNOME Desktop
Untuk installasi secara offline siapkan DVD Repository -nya
Proses installasi :

a. Menggunakan Synaptic Package Manager
– Klik System –> Administration –> Synaptic System Manager
ketik gnome-ppp untuk mencari gnome-ppp
Ketemu, klik kotak disamping tulisan gnome-ppp -> muncul popup pilih mark for installation
Klik Apply ( menunya ada diatas )
Muncul popup, klik Appply, akan muncul popup proses download package
Setelah proses selesai, lihat di Applications –> Internet, akan ada GNOME PPP, dengan icon gambar telephon warna merah
b. Menggunakan Console / Terminal
– Klik Applications –> Accessories –> Terminal; masuk sebagai root; ketik : sudo su
lanjut dg memasukkan password anda.
ketik apt-get install gnome-ppp
ikuti petunjuk yang keluar di terminal

2. Pasang kabel DKU-5 ke Hand Phone dan tancapkan ke USB port
3. Buka GNOME PPP


4. Pilih menu setup GNOME PPP
5. Pada pilihan modem device klik Detect. ( punyaku terdeteksi /dev/ttyUSB0 )


6. Pada Phone options and Init Strings, klik Init Strings…
7. Tulis / isi:


Init 2 dengan ATZ
Init 3 dengan AT+CRM=1
Init 4 dengan AT+cso=33
Init 5 dengan ATE0V1
( pengisian Init strings dengan cara diklik dua kali pada masing-masing masing init, lalu dienter ) setelah itu di close dan close.
Yang diisikan di Init, maksudnya apa? tanya aja paman google.
8. Kembali ke menu GNOME PPP, isi Username dan Password serta Phone number


Pilih salah satu, sesuaikan Kartu anda ( berikut kartu yang saya pakai untuk percobaan )
* FREN / Mobile8, Username = m8 dan Password = m8 serta Phone Number = #777
* StarOne, Username = starone dan Password = indosat serta Phone Number = #777
* Telkom Flexi, Username = telkomnet@flexi dan Password = telkom serta Phone Number = #777

9. Klik Connect


10. Buka browser Anda (mozilla firefox) dan tulis pada address :

http://www.pasuruan-it.co.cc

11. Selamat anda sukses terhubung ke Internet.

5 Responses to “Install hp NOKIA CDMA 3125 sebagai modem di UBUNTU 7.10”

  1. sofian said

    mas, saya sudah coba instal. Paket yang saya dapat adalah .tar.gz Tentu belum bisa menggunakan apt-get. Kan internetnya belum terkoneksi. Tolong kasih kasih saran yang lain..
    Saya sudah downloadn gnome-ppp tapi error waktu ./configure katanya C compilernya bermasalah. Setelah itu saya coba instal build-essential_11.3ubuntu1_i386.deb

    Sampai saat ini masih gagal saat:
    sudo dpgk -i build-essential_11.3ubuntu1_i
    thz386.deb
    build-essentialnya juga error.. walah..
    tolong dibantu ya..(tolong balas ke maiil saya, atau artikel baru)
    thx..

  2. need4ngebut said

    bisa totlng gak…
    ane pake nokia 6680 + ubuntu 8.04 desktop

    begitu hp dicolok kelaptop gak da reaksi apa2
    mngkin driver nokianya blm ada..
    nyarinya dimana ya???

  3. johan said

    mas saya punya 3125 saya pake driver nokia boleh download dr nokia asli.cuma modem ma pc suitnya ga konek gitu ke hp saya….trus saya download driver modem apa? klo boleh bisa dikirim ke email saya ga modem drivernya sama cara instalnya.tnx!gbu sangpendekargl_100@yahoo.com

  4. geazzy said

    kl lum terhubung dengan internet download gnome-ppp dimana ya?

  5. Pokemon said

    Mas kalo model offline bisa ga installnya. KAn lum bisa konek internet???

Leave a Reply

 
