unOfficial KPLI Pasuruan

Klo ada yg Gratisan– Ngapain mesti bayarrr…

Install Billing CCL di Ubuntu

Posted by admin on March 17, 2008

Install Billing Warnet CCL di Ubuntu dan Trouble Shootingnya🙂

Gwe kemarin coba nyari cara install nih billing untuk Ubuntu di google kok gak ketemu ya? trus cari .deb nya juga gak ketemu ya? ( tapi untungnya ada beberapa how to yang cukup keren seperti yang di Linux.or.id dan blog mas Handri (numpang nyontek yaahhh ommmm D ) trus gwe aplikasikan diubuntu dan gwe dokumentasikan disini )

Proses instalasi banyak menemukan aral melintang dan supaya bisa jadi pengalaman dan pengetahuan bagi orang lain saya dokumentasikan juga disini )

==Instalasi di kedua sisi==

Kedua aplikasi (client & server) harus penuhi dependencies-nya, yahhh.. karena bukan debian package jadinya kita harus install manual deh tapi untungnya pake debian jadi gampang :p

  • sqlite3
  • glib2.0
  • libfox1.4
  • openssl

Pada client & server jalankan perintah berikut :

$ sudo apt-get install sqlite3 libsqlite3-dev

$ sudo apt-get install libfox1.4 libfox1.4-dev

$ sudo apt-get install libglib2.0-dev

$ sudo apt-get install libssl-dev

dan jangan lupa baris ini kalo belum :

$sudo apt-get install build-essential

Edit /etc/ld.so.conf :

$gksudo gedit /etc/ld.so.conf

dan tambahkan baris2 berikut :

/usr/lib
/usr/local/lib

Lalu jalankan perintah :

$sudo ldconfig

== Billing Server ==

untuk Biling server download file berikut (cari aja di google yah):

cclfox-0.7.0.tar.bz2
libccls-0.7.0.tar.bz2

download ke home folder kamu lalu jalanin perintah2 berikut :

$tar -xjvf libccls-0.7.0.tar.bz2
$cd libccls-0.7.0
$./configure
$make
$sudo make install
$cd ..
$tar -xjvf cclfox-0.7.0.tar.bz2
$cd cclfox-0.7.0
$./configure
$make
$sudo make install

Lalu buatlah sebuah “launcher” didesktop, klik kanan lalu klik properties dan tambahkan perintah berikut pada teks box “command”:

cclfox -nossl

== Billing Client ==

Untuk Client unduh file2 berikut pada home folder :

cclcfox-0.7.0.tar.bz2
libcclc-0.7.0.tar.bz2

lalu jalankan perintah2 berikut :

$tar -xjvf libcclc-0.7.0.tar.bz2
$cd libcclc-0.7.0
$./configure
$make
$sudo make install
$cd ..
$tar -xjvf cclcfox-0.7.0.tar.bz2
$cd cclcfox-0.7.0
$./configure
$make
$sudo make install

Lalu buatlah sebuah “launcher” didesktop, klik kanan lalu klik properties dan tambahkan perintah berikut pada teks box “command”::

cclcfox -host <server’s ip> -name <client name> -nossl

Udah deh beres.. Nanti kalo enggak malas gwe buatin How to pakenya deh :p
*gak janji yaaaa*

==Trouble Shooting ==

Error-error ini sering ditemui dan membuat orang frustasi karena yakin kalo program yang dibutuhkan sudah diinstall, contohnya error “configure: error: please install openssl” padahal kalo kita check di synaptic udah diinstall! Lalu biasanya kita kapok & pusing lalu balik lagi ke wind**s karena ternyata di linux gak ada billing yg reliable ( atau pake Billing Explorer linux tapi tetep juga crackan D . Sebenarnya masalahnya sederhana aja.. karena ini kita kompail / compile dari source maka ketika ./configure source CCL juga akan mencari source dari dependencies yang dia butuhkan.. dengan kata lain kita harus instal juga “dev” dari library aplikasi-aplikasi yg menjadi dependency si CCL. berikut adalah list eror yang sering ditemui dan cara pemecahanya :p

  1. configure: error: please install openssl
    cure : $sudo apt-get install libssl-dev
  2. configure: error: please install sqlite3
    cure : $sudo apt-get install libsqlite3-dev
  3. configure: error: please install glib
    cure : $sudo apt-get install libglib2.0-dev
  4. configure: error: please install fox
    cure : $sudo apt-get install libfox1.4-dev
  5. configure: error: installation or configuration problem: C++ compiler cannot create executables.
    cure :$sudo apt-get install build-essential

Maaf yah kalo terlalu detail buatnya.. biar bantu temen2 yg baru belajar ) Kalo yang udah pada jago ambil pentingnya aja D

Semoga ada manfaat, dan kalo ada masukan saya sangat terimakasih!

Merdeka!

Sumber: id-ubuntu blog\s

4 Responses to “Install Billing CCL di Ubuntu”

  1. agunk said

    mas kalo aq mau ganti ip gmn??? soalnya pc client yang udah jadi biling ccl nya aq kloning sama pc yang lain…maksudnya biar ga kelamaan install satu2 biling nya, ya dengan harapan kompi client cm ganti ip nya aja…tolong y mas…thanks b4..atao e-mail aja jg boleh di ado_oke@yahoo.com

  2. Lonkay said

    om.. semua udah diikutin.. tapi kq lounchernya diem az gaga da respon apapun..

    aq pake ubuntu hardy

    makasih

  3. atma said

    bos bikin table nya gmn tuh,,?? mnt petunjuk donk bikin table kayax gtu..

  4. ian said

    mas kalo ud jd lancher hrus gmna lg.mhon petunjuknya…krna billingnya di client blum jalan..
    sya ud ikutin petunjuknya mas.
    trim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: