unOfficial KPLI Pasuruan

Klo ada yg Gratisan– Ngapain mesti bayarrr…

install printer epson di linux zencafe

Posted by admin on March 17, 2008

Mungkin masih jarang yang mengenal yang namanya linux Zencafe.Linux ini adalah linux karya anak bangsa yang merupakan customisasi dari Zenwalk Linux yang masih keturunan daripada slackware.

Baru dua hari saya bersama zencafe linux.Memang benar bahwa tampilan daripada zencafe ini lumayan user friendly terutama bagi yang seneng dengan os windows yang akhir-akhir ini rada ketar-ketir menghadapi persaingan yang ketat dengan kelompok open-source.

Selama 2 hari itulah saya iseng-iseng ngoprek terus zencafe.Akhirnya dihari ketiga saya mencoba ngutak-ngatik zencafe supaya bisa dipakai ngeprint lewat printer HP seri 3940.Pertama ngutak-ngatik lumayan bingung tapi setelah dioprek-oprek akhirnya bisa juga.

Langsung saja :
Hal yang pertama kali harus diperhatikan bahwa pada zencafe harus terlebih dahulu di install driver printernya.Hanya saja kebetulan untuk HP 3940 sudah disediakan sama zencafe jadi gak harus susah-susah cari drivernya.Akan tetapi jika printer anda tidak disuport maka anda harus mencari drivernya terlebih dahulu dan sebagai bahan informasi bahwa zencafe adalah turunan dari slackware linux jadi driver yang kita pakai harus yang bisa diinstall di slackware.

Langkah Konfigurasi.
Note : Saya menggunakan cups sebagai sarana konfigurasi printer.
=============================================================
1. Aktifkan service cups di zencafe kita jika belum aktif dengan perintah :
root[viyu]# cd /etc/cups
root[cups]# service enable cups
cups : [on]
root[cups]# service start cups
Starting the cups service
cups: started scheduler.
root[cups]#

2. Setelah cups aktif selanjutnya anda pilih Menu – system – Cups Web Printing Manager atau
anda bisa juga manual dengan memanggil http://localhost:631 pada browser anda

3. Jika cups sudah benar dan aktif maka anda akan dibawa kehalaman Home dari
Cups (Common UNIX Printing System) dimana yang dipakai di zencafe adalah versi 1.2.8

4. Anda silahkan pilih menu Add Printer selanjutnya anda disuruh memasukan name , location ,
dan deskription.Silahkan isi name=nama printer untuk locasi dan deskription boleh
dikosongkan.Lalu Klik continue
contoh :
name : HP3940
location : –
deskription : printer HP

5. Setelah itu silahkan pilih lokasi dimana printer dikoneksikan. Untuk printer dikomputer di komputer
saya dipasang di USB # HP3900
Note : sebelumnya printer harus dipasangkan dan otomatis didetect oleh zencafe kalo tidak
kedetect otomatis lakukan pendeksian manual.

6. Setelah itu anda akan diminta spesifikasi dari seri HP diatas.Maka saya pilih HP Deskjet 3940
dan klik add printer

7. Setelah itu anda dianggap selesai cobalah lakukan pengecekan dengan menekan tombol
print tes page

8. Kalo konfigurasi benar maka printer akan melakukan aktivitas printing tes page

=============================================================

Good Luck…

Dikirim oleh: Agus Hermawan

5 Responses to “install printer epson di linux zencafe”

  1. torif said

    Saya Ucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk tipsnya menginstall printer. sekarang printer saya (HP F370) sudah bisa di gunakan di linux.

    Jawab:
    oke sama² met sukses aja dah…😀

  2. tirta said

    mksih bnyk infonya mas…:D

  3. edi said

    siang bos ane mo nayak,aq udh cari di web gimana cara intall printer lq 2180 di zencafe 1.4 tp tdk ketemu,klu temen2 ad yang bisa tolong di email ke saya ya thanx,tak tunggu lho

  4. arie said

    bozz…kalo di printer epson T11 di instal linux zencafe terbaru 2.0 bisa ga …. kirimin ke email ya ….thanks

  5. TOHIRAZA said

    master2 linux mohon bantuanynya yah…
    saya nginstal zencafe pi kenapa yah ko saat ngeprint lama banget …. (1 menit paling dapet 2 lembar, padahal waktu dulu ngeprint waktu pake windos cepet banget…. plis…. bantuanyya …
    terima mkasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: